Untuk Pertama Kalinya, Wasit Wanita Sah Ditugaskan di Piala Dunia 2022 Qatar

Pialaduniafifa.com – Belum diadakan tetapi Piala Dunia 2022 telah membuat gempar dengan keputusan mengagetkan pilih wasit wanita bekerja di kompetisi besar sepak bola dunia ini.

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memilih untuk memakai tiga wasit dan tiga pendamping wasit wanita untuk Piala Dunia 2022 Qatar tahun ini.

FIFA meluluskan wasit wanita untuk mencatat kiprah di Piala Dunia 2022, keputusan ini sebuah inovasi dalam hak kesetaraan gender dalam sepak bola.

Dikutip dari The Guardian, tiga wasit wanita yang bekerja masing-masing datang dari Jepang, Prancis, Rwanda, Amerika Serikat, Brasil dan Meksiko.

Stephanie Frappart dari Perancis, Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang terhitung dari 36 wasit di Piala Dunia 2022.

Neuza Back dari Brasil, Karen Diaz Medina dari Meksiko dan Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat yang bekerja sebagai pendamping wasit dari keseluruhan 69 pendamping wasit.

Taruhan Piala Dunia 2022

Pierluigi Colina sebagai Kepala Wasit FIFA menyebutkan inovasi ini dibikin sesudah dilaksanakan penyeleksian secara adil dan tanpa melihat gender.

“Dari hasil proses panjang yang diawali beberapa tahun kemarin untuk mewakilkan pekerjaan ke wasit wanita di kompetisi hebat FIFA,” sebut Colina.

“Kami perduli dengan kualitas dan nilai, bukan gender. Saya mengharap di depan, penyeleksian wasit wanita untuk kompetisi sepak bola pria akan dipandang seperti hal yang umum.

“Bukan surprise kembali.” paparnya.

Frappart jadi nama wasit wanita yang mendapatkan sorotan tertentu, hal tersebut tidak terlepas karena kisah hidupnya bekerja di pertandingan Piala Super Eropa di antara Liverpool menantang Chelsea.

Disamping itu Frappart sebagai wasit yang pimpin final Piala Dunia Wanita 2019 lalu, menarik ditunggukan bagaiman aksi beberapa wasit wanita di Piala Dunia 2022.

Bukan peluang yang sedikit ada dan didapatkan, hingga beberapa wasit wanita ini agar lebih optimis dalam bekerja di Piala Dunia Qatar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.