Bandarlampung (ANTARA News) – Kostum tim-tim nasional (Timnas) sepak bola dari bebagai negara yang lolos ke piala dunia sepak bola di Brazil mulai Juni 2014 yang akan datang kini semakin laris terjual di pasaran Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung.


Sejumlah pedagang perlengkapan konstum Timas sepak bola dari negara-negara yang lolos ke piala dunia Brazil 2014 yang dihubungi secara terpisah di Bandarlampung, Minggu, mengatakan, sejak bulan Oktber 2013 yang lalu hingga kini kostum tersebut semakin laris terjual.


Pedagang itu mengaku kemungkinan besar semakin mendekati itu nanti digelar, peminat aneka kostum dari berbagai negara peserta itu akan terus meningkat.


“Setiap hari ada saja yang membeli, bahkan pernah dalam seminggu bisa laku sekitar 30 buah baju kaus,” katanya.


Tentang harga kostum sepak bola timnas piala dunia Brazil itu, dia menjekaskan, kini pihaknya menjual satu buah kaus kostum timas sepak bola piala dunia ke Brazil seharga Rp110.000/buah.


Mahalnya harga kostum itu, katanya lebih lanjut, selain karena kualitas kain, model, dan corak warna pilihannya bagus dan lengkap, juga bahan dan barang itu umumnya harus didatangkan dari luar negeri.


“Barang ini didatangkan dari luar,” kata pedaganag itu lagi.


Kostum Timnas sepak bola yang akan berlaga di Barzil itu selain dijajakan di kawasan pasar di pusat Kota Tanjungkarang, Bandarlampung, juga di kawasan Wayhalim, Kota Bandarlampung.


Bahkan, aneka topi dan bola warna-warni dari kesebalasan negara-negara yang lolos ke piala dunia itu juga sudah cukup lama dijajakan di sejumlah toko swalayan di pusat Kota Bandarlampung dan kabupaten/kota setempat.


Ketika ditanya kostum dari timnas negara mana saja yang ramai pembeli, pedagang itu menjelaskan, untuk sementara ini baru ada kesebelasan tertentu, antara lain Jerman, Brazil, Italia, Prancis, dan Inggris.


“Biasanya nanti kostum yang makin diminati selain kostum timnas negara kesayangan masing-masing, juga tim yang lolos dan akan masuk ke babak final, semi final, dan final piala dunia itu,” ujarnya pula.


Dia juga mengaku bahwa untuk saat ini yang sudah banyak dibeli adalah kostum kesebelasan timas Jerman, hal itu antara lain karena pembeli mengunggulkan kesebalasan dari negara itu, juga karena warna kostumnya dinilai cukup bagus.


Pedaganag itu menjelaskan pula bahwa setelah mendekati digelarnya pesta akbar sepak bola tingkat dunia di Brazil itu, penjualan kostum untuk klub-klub terentu seperti MU, Chelsea, Barcelona, Real Madrid, dan banyak klub lainnya cenderung makin bekurang, dan harganya pun juga cenderung turun.


“Sebelumnya kostum klub sepak bola harganya Rp110.000/buah, tetapi dalam beberapa minggu ini turun menjadi sekitar Rp90.000/buah,” katanya.